Kamis, 12 Februari 2015

Daftar Kontak Tim Pusat Bantuan Dapodikmen dan Penggunaan Aplikasi Bantuannya


HELPDESK DAPODIKMEN
Upaya menjembatani permasalahan antara Operator Sekolah dengan Dapodikmen dapat dilakukan melalui berbagai cara, antara lain melalui Aplikasi Helpdesk Dapodikmen dan dapat juga kontak langsung via Whatsapp ke Tim Helpdesk Dapodikmen Pusat yg berjumlah 12 orang.
Tim ini bertugas untuk membantu menyelesaikan masalah-masalah Dapodikmen dan memberikan solusinya.
Berikut adalah pusat bantuan untuk Dapodikmen.

Menghubungi Tim Helpdesk Dapodikmen 
Operator sekolah dapat menghubungi Tim Helpdesk Dapodikmen Pusat sesuai dengan wilayah keluhan Dapodikmen. Berikut adalah daftarnya.


Penggunaan Aplikasi Helpdesk Dapodikmen
Aplikasi Helpdesk Dapodikmen merupakan subsistem pendataan data pokok pendidikan menengah untuk membantu menangani kebutuhan pengguna/user terkait dengan pertanyaan, pelayanan, support teknis, atau komplain terhadap produk aplikasi dapodikmen dengan memanfaatkan suatu sistem/prosedur untuk memudahkan penelusuran terhadap tindakan penyelesaian dari suatu masalah terkait implementasi pendataan Dapodikmen.

Aplikasi helpdesk dapodikmen ini dikembangkan atas dasar prinsip untuk memberikan kemudahan komunikasi antara operator dapodikmen di sekolah dengan petugas helpdesk dapodikmen di pusat dalam rangka mengatasi kendala-kendala yang terjadi di lapangan. Aplikasi helpdesk dapodikmen diharapkan dapat menutupi kelemahan-kelemahan model komunikasi yang selama ini digunakan. Berikut ini beberapa keunggulan yang dimilkiki oleh Aplikasi Helpdesk Dapodikmen yaitu :

Secara fisik aplikasi helpdesk dapodikmen dapat diakses secara online selama 24 jam per hari. Sehingga pengguna aplikasi Dapodikmen dapat setiap saat mencari informasi solusi terhadap permasalahan implementasi dapodikmen di lapanagan.

Pengguna aplikasi dapodikmen dapat berkomunikasi dengan petugas helpdesk dapodikmen melalui topic yang terkategorisasi dengan rapih. Pesan teks yang dikirim oleh operator sekolah dapat dikombinasikan dengan pesan gambar maupun video.

Bagi petugas helpdesk, aplikasi ini sangat membatu ketika harus mengkases server dapodikmen secara bersamaan. Aplikasi helpdesk dapodikmen dirancang agar petugas helpdesk dapat langsung mengakses ke server dapodikmen tanpa harus keluar aplikasi ketika petugas tersbeut memerlukan informasi terkait dengan data sekolah yang sudah dilayaninya.

Aplikasi helpdesk dapodikmen ini dikembangkan dengan menggunakan Single Sign On (SSO). Artinya bahwa operator dapodikmen yang sudah terdaftar dalam aplikasi dapodikmen dan sistem PDSP dapat langsung mengakses aplikasi ini tanpa harus mendaftar ulang lagi.
Untuk Mendapatkan Panduan Teknis Aplikasi Helpdesk silakan klik Link ini

http://dapo.dikmen.kemdikbud.go.id/portal/web/docs/Panduan%20Teknis%20Aplikasi%20Helpdesk%20Dapodikmen.pdf

Sumber :
http://dikmen.kemdikbud.go.id/html/index.php?id=berita&kode=405

1 komentar:

  1. Selamat pagi, saya operator dapodik disalah satu sekolah di smp kab.Talaud provinsi.Sulut..ingin menanyakan permasalahan yang saya alami.. email dan password saya digunakan untuk registrasi dapodik sehingga email dan password saya sama dengan email dan fasword Dapodik sekolah setelah saya merubah data saya, TDK bisa karena stelah mau login untuk merubah data saya yang terbuka adlah data sekolah..mohon bantuannya bagmana caranya..saya sudah mengikuti petunjuk perubahanya dg menggunakan pengaturan tapi tidak berhasil..mhn solusi yang lain

    BalasHapus